9/30/2016

Sekilas tentang Batik warisan budaya indonesia




batik siapa yg gak kenal batik salah satu kebudayaan seni indonesia(khususnya Jawa) yg patut kita hargai dan kita jaga batik sudah tercatat di UNESCO pada Tanggal 2 Oktober 2009 sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) yg di anggap bernilai di mata dunia, oleh karena itu kita warga indonesia harus bangga dengan budaya nenek moyang yg satu ini, batik berasal dari kata Amba dan titik pertama kali di kenalkan oleh Presiden Soeharto kepada dunia dalam Konferensi PBB.
membatik umumnya sebuah tradisi turun temurun sehingga setiap motif mempunyai gambaran status keluarganya masing-masing, bahkan hingga saa ini batik yg dipakai oleh kerajaan Kraton Kogyakarta dan Surakarta masih menggunakan batik tradisional.

Adapun teknik pembuatan batik adalah sebagai berikut

Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga ). Proses pembuatan batik jenisvini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.

Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

sekarang perkembangan batik sendiri hari ke hari semakin meluas banyak peminat dari dalam negri ataupun luar negeri ini membuktikan batik memang aset negara paling berharga yg harus kita jaga, batik meluas ke berbagai kota di indonesia hingga melahirkan batik dengan motif dan khas berbeda menurut kotanya masing-masing,


Berdasarkan daerah asal

Berdasarkan corak


nah itu dia sekilas tentang batik berdasarkan budaya, motif dan coraknya setiap kota mempunyai ciri khas masing-masing dan biarpun saling beda tp tetap intinya itu adalah seni batik warisan nenek moyang kita, kita harus bisa menjaga dan melestarikan, kata siapa batik itu kampungan kata siapa batik itu nora justru menurut saya orang yg memakai batik malah terlihat berwibawa dan dewasa.

saya rasa udah cukup dalam postingan saya kali ini dalam berjudul Sekilas tentang Batik warisan budaya indonesia sebenernya masih banyak yg saya ingin ulas dalam Seni batik tapi segini dulu sudah cukup termakasih sobat sudah berkunjung.


1 komentar

Belva Najla said...

Batik adalah warisan budaya indonesia dan kita warga indonesia harus ikut melestarikannya. Saya cinta batik :-) "Najla"